Kamis, 17 Januari 2013

bab 6(peranan dan dampak ilmu alamiah dan teknologi


PERANAN DAN DAMPAK DARI
 ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI

Ilmu pengetahuan semakin hari semakin berkembang sehingga orang sulit mempelajari secara keseluruhan. Orang tidak lagi menjadi ahli dalam banyak bidang ilmu, karena masing-masing ilmu sudah semakin luas dan mendalam.
Pemisahan atau pembagian ilmu ini terjadi karena ilmu pengetahuan berkembang dan proses perkembangannya memerlukan waktu yang relatif lama.
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan ternyata terlihat ada kecenderungan beberapa ilmu bertemu kembali, karena pada hakikatnya mereka berada dalam satu unit.
Teknologi dapat dibagi menjadi beberapa macam, sebagai berikut.
1.              Teknologi maju, yakni teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada bidang pendidikan, latihan serta pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta dibutuhkan oleh suatu negara.
2.              Teknologi adaptif, (teknologi madya),  adalah  perkembangan dari suatu teknologi suatu negara maju yang penggunaannya masih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan negara yang memerlukan.
3.              Teknologi protektif, adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi dan regenerasi) segenap sumber daya alam yang ada.

Pada mulanya, antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu ada kaitannya, maksudnya  suatu pengetahuan tidak harus menjadi ilmu terlebih dahulu. Contohnya pada zaman dahulu orang membuat perahu dengan metode coba-coba, dengan kata lain orang sudah membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya sebelum ada “ilmu” membuat perahu. Sekarang ilmu dan teknologi tidak lagi berdiri sendiri. Sains dan teknologi selalu saling menunjang sehingga dapat maju dengan pesat


Berikut ini adalah uraian singkat konsep-konsep dasar teknologi dalam memenuhi kebutuhan manusia :

A. MATERI DAN ENERGI
Dalam, sasaran yang dipelajari adalah alam semesta dan isinya. Ilmu Fisika memandang kesemuanya itu sebagai materi dan energi.
Yang dimaksud dengan materi dalam Fisika adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati suatu ruang. Contohnya meja, kursi, awan, gunung dan sebagainya. Materi ini terdiri dari unsur kimia yaitu C (Carbon), H (Hidrogen), O (Oksigen), N (Nitrogen), P (Phosphor) dan lain-lain. Unsur­unsur kimia ini bergabung dan menyusun atau membentuk suatu molekul yang merupakan unsur pembentuk materi. 
Materi dapat berwujud gas, padat atau cair. Zat padat memiliki bentuk dan volume tetap, selama tidak ada pengaruh dari luar (misalnya panas).  Zat cair mempunyai bentuk yang berubah-ubah sesuai dengan bentuk tempatnya, sedangkan volumenya tetap. Gas, bentuk dan volumenya tidak tetap.
Materi diklasifikasikan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen. Campuran homogen terjadi apabila zat tersebut terbentuk dari sejumlah materi yang sama, sedangkan campuran heterogen adalah bila campuran yang membentuk zat tersebut terdiri dari beberapa macam materi yang tidak sama.
Sedangkan yang dimaksud dengan energi adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat lain.

Energi ini bermacam­-macam bentuknya, sebagai berikut :
1.  Energi mekanik, merupakan jumlah dari energi potensial dan energi kinetik. Setiap benda mempunyai berat maka baik dalam keadaan diam atau bergerak, setiap benda memiliki energi, misalnya energi yang tersimpan dalam suatu benda yang diam (tidak aktif) disebut energi potensial, sedangkan bila benda tersebut jatuh (aktif) jatuhnya benda tersebut disebut energi kinetik (energi gerak)
2. Energi panas Energi ini sering disebut energi kalor. Pemberian panas pada suatu benda dapat menyebabkan kenaikan suhu suatu benda atau mengubah bentuk, ukuran maupun volume suatu benda.
3. Energi magnetik adalah energi yang timbul bila kutub dua batang magnet didekatkan. Kemampuan kutub untuk menggerakkan (tolak menolak atau tarik menarik) inilah yang disebut energi magnetik.
4. Energi listrik Energi listrik dapat ditimbulkan dengan beberapa macam cara, tergantung dari mana bahan energi itu berasal, seperti:
a. air terjun dan air sungai dengan mengubah energi kinetik;
b. energi angin untuk menggerakkan kincir angin;
c. uap yang digunakan untuk memutar generator listrik;
d. tenaga diesel;
e. nuklir

5. Energi kimia Energi yang diperoleh melalui suatu proses kimia, contohnya manusia dapat memperoleh energi dari perubahan makanan yang dikonsumsinya.
6. Energi bunyi Energi bunyi dapat diartikan sebagai getaran. Contohnya adalah meledaknya suatu bom yang menimbulkan getaran yang hebat yang dapat menyebabkan robohnya bangunan atau memecahkan kaca.
 7. Energi nuklir Energi nuklir diperoleh apabila suatu atom dipecah menjadi inti atom dan elektron, pemecahan  atom ini akan disertai  dengan pembebasan energi yang sangat besar

1. Dampak Positif
Perkembangan dan teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru sehingga sumber daya manusia dapat berperan, baik tenaga maupun pikiran. Perkembangan dan teknologi mempunyai dampak positif, yaitu terpenuhinya kebutuhan manusia akan kemakmuran materi, kemudahan serta keefektifan dan keefisienan dalam mendayagunakan sumber daya alam. Manusia dapat mengubah sistem transformasi dan komunikasi sehingga menimbulkan kemudahan dengan menggunakan tenaga dan pikirannya atau dengan kata lain akan dapat menciptakan lapangan kerja baru.
2. Dampak Negatif
Pemanfaatan perkembangan dan teknologi yang tidak atau kurang tepat bagi kondisi masyarakat, tidak akan menambah lapangan pekerjaan, tetapi justru sebaliknya dapat mempersempit lapangan pekerjaan. Hal ini terjadi karena efektivitas dan efisiensi sistem dalam teknologi baru, misalnya banyak pekerjaan yang mula-mula menjadi tugas manusia kemudian diganti oleh mesin. Di negara-negara berkembang, masuknya teknologi baru menimbulkan masalah di bidang ketenagakerjaan, karena kuantitatif sumber daya manusia cukup besar bahkan dapat berlebihan, tetapi secara kualitatif dirasakan sangat kurang terutama untuk menangani teknologi tinggi. 

NAMA : DITA MULYASARI
NPM : 52212223
KELAS : 1DFO1 / MANAJEMEN KEUANGAN 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar